SDN 3 Bukit Kemuning Adakan Kegiatan Market Day.

0

Bukit Kemuning jurnallampung.com,
SDN 3 Bukit Kemuning menggelar Market Day di lingkungan sekolah yang dilaksanakan oleh kelas 5 dan 6.

“Hajah Enni kepala UPT SDN 3 Bukit Kemuning mengatakan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah bukan hanya untuk melatih jiwa dagang kepada peserta didik, tetapi lebih kepada menumbuhkan jiwa kewirausahaan, karena siswa dengan didampingi gurunya akan bersama-sama berproses mulai dari menyiapkan alat dan bahan, mengolah, hingga menyajikan makanan yang akan mereka jual, jadi bukan sekedar beli di pasar lalu dijual di sekolah,” katanya.

Selain itu juga kegiatan market day ini bertujuan untuk menumbuhkan dan menciptakan interaksi antar kelas dan sebagai bentuk implementasi pembelajaran P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) tema kewirausahaan dalam kurikulum merdeka. Setiap kelas mempunyai produk unggulan yang berbeda jenisnya yang dipasarkan di stand.

Baca Juga  Oknum Kepala Dusun Kampung Bandar Dalam Tidak Menyalurkan Bantuan Beras CPP Kepada Warga Yang Sudah Di Data

Ada yang menjual berbagai jenis minuman, jajanan dan makanan kekinian seperti salad buah dan lainnya, selain siswa yang saling mengunjungi stand antar kelas, kami juga mengundang guru dan siswa untuk turut serta memeriahkan.

Biasanya peserta didik hanya berperan sebagai pembeli atau konsumen, pada kegiatan Market Day ini peserta didik dilatih berperan sebagai produsen atau pembuat produk sekaligus sebagai distributor atau penyampai produk kepada konsumen. Banyak pembelajaran bermakna yang didapat oleh peserta didik, mereka belajar menghitung harga beli, harga jual dan jumlah produk agar bisa mendapat keuntungan, untuk kelas bawah mereka belajar mengenal uang dan juga belajar menentukan atau mencari produk apa yang sedang disukai konsumen.

Baca Juga  Tekab 308 PRESISI Polres Way Kanan Ringkus Dua Pelaku Curas Ranmor di Pakuan Ratu

Habibi Adi Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *