Galuh Eka Mulyanto S.TP Di Kukuhkan Sebagai Ketua Perhiptani Way Kanan Masa Bhakti 2023-2028

0

๐™’๐™–๐™ฎ ๐™†๐™–๐™ฃ๐™–๐™ฃ.๐™…๐™ช๐™ง๐™ฃ๐™–๐™ก๐™ก๐™–๐™ข๐™ฅ๐™ช๐™ฃ๐™œ.๐˜พ๐™ค๐™ข,- Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya SH MM menghadiri Pengukuhan DPD Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kabupaten Way Kanan Provinsi lampung masa bakti 2023-2028 berlangsung di ruang Buway Pemuka Pangiran Udik,selasa (25/07/2023).

Hadir Ketua DPW Perhiptani Lampung Ir, Sutono berserta Pengurus, Kadis Pertanian hortikultura dan peternakan, Kadis Perkebunan , Kadis Perikanan, Kaban Ketahanan Pangan, dan pengurus KTNA Way Kanan.

Dalam Surat Keputusan tersebut ditetapkan Galuh Eska Mulyanto,S.TP selaku Ketua, Dewi Masropa,S.P sebagai Sekretaris, dan Saptaria Rizky,SP. dan dilengkapi dengan beberapa Bidang.

Ketua DPD Perhiptani Lampung Ir.Sutono dalam sambutan seusai pengukuhan mengucapkan selamat atas pengukuhan organisasi Perhiptani di Waykanan.

Menurut Sutono Organisasi Perhiptani Adalah organisasi keilmuan dimana anggotanya adalah yang memiliki spesialisasi ilmu ke penyuluhan.

โ€œTugas Penyuluh adalah berusaha bagaimana caranya petani, peternak ,pekebun bisa selesai masalah mereka.โ€ kata Sutono.

Baca Juga  DPD PJS DKI Kunjungi Kantor DPP, Ini Harapan Ketum Mahmud

Tugas penyuluh adalah bagaimana mentransfer teknologi, ilmu dan kemandirian kepada Petani.

Sutono memuji peran Bupati Way Kanan dalam menurunkan anka kemiskinan yang tadinya sangat tinggi diatas dua digit menjadi hanya tinggal sekitar 11,24 persen.

โ€ Turunnya angka kemiskinan Way Kanan tentu salah satunya atas kontribusi para penyuluh di lapanganโ€ beber mantan Sekdaprov Lampung itu.

Disisi lain Sutono berharap.kepada pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan lembaga penyuluh,

โ€ Saya kira perlu dilakukan Revitalisasi BPP dan optimalisasi kegiatan, dengan memberikan anggaran operasional kegiatan.โ€ tambahnya.

Dia juga berharap kepada pemda agar penyuluh mendapat kesempatan diikutkan dalam pendidikan dan latihan mengenai teknologi pertanian agar para penyuluh juga berkembang keilmuan pertaniannya.

โ€œBayangkan saat ini teknologi pertanian sudah sangat maju mulai dari smart farming, hidroponik bahkan sekaran aero ponik.Banyangkan jika penyuluh ga menguasai ilmu pertanian terbaru.pasti planga plongo dia.โ€ ujar Sutono.

Baca Juga  Dua Tahun Menjabat Tidak Ada Satupun Yang Di Perbuatanya, Oknum Kepala Sekolah SDN Talang Mangga Di Duga Menyalah Gunakan Dana BOS

Terpisah Bupati Raden Adipati Surya mengatakan agar pengurus yang baru dilantik segera action menyusun rencana kerja.

โ€œPerhiptani adalah organisasi keilmuan jadi harus ada program yang jelas dan juga sasaran jelas, dan buka hanya tempat kumpul kumpul nongkrong.โ€ pinta Bupati.

Untuk Kantor kesekretariatan Bupati berjanji akan membantu mencarikan tempat apakah itu dengan meminjam kantor di seputaran gedung pemda yang tak terpakai atau sewa di luar.

Pada kesempatan itu Bupati Juga menitip program dimana difasilitasi dalam setiap kampung nantinya dapat dibentuk lembaga ekonomi kelompok tani maupun gabungan kelompok tani (gapoktan).

โ€œDengan program seperti ini kita berharap angka kemiskinan dapat lebih kita turunkan dan kemiskinan ekstrim menjadi Zero persen di tahun 2024 sesuai program presiden Joko Widodo.โ€ Tandas Raden Adipati Surya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *