Kapolres Way Kanan Pimpinan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024

0

๐™’๐™–๐™ฎ ๐™ ๐™–๐™ฃ๐™–๐™ฃ. ๐™…๐™ช๐™ง๐™ฃ๐™–๐™ก๐™ก๐™–๐™ข๐™ฅ๐™ช๐™ฃ๐™œ. ๐˜พ๐™ค๐™ข,- Polres Way Kanan melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2004 dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Way Kanan. Selasa (17/10/2023)

Kegiatan apel gelar pasukan berlangsung di halaman mako Polres Way Kanan ditandai dengan pemeriksaan pasukan dan penyematan pita oleh Kapolres Way Kanan AKBP Pratomo Widodo kepada perwakilan personel masing masing Satgas.

Dengan dihadiri Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, Dandim 0427/WK Letkol Inf. Charluly Rudi Jatmiko, Forkompimda, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Pejabat Utama, para Kapolsek, perwira staf, TNI dari Kodim 0427 Way Kanan , personel Polres Way Kanan, Satpol PP dan Linmas yang terlibat pengamanan TPS serta tamu undangan.

Dalam kesemaptan itu Kapolres Way Kanan AKBP Pratomo Widodo membacakan amanat Kapolri menyampaikan bahwa apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras operasi mantap brata 2023-2024, sehingga pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Sambungnya, Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa.

Baca Juga  Akibat Hujan Dan Deras nya Air , Jembatan Di Pekon Pagar Alam Kecamatan Ulubelu Longsor

Hal ini sebagaimana penyampaian Presiden Joko Widodo bahwa โ€tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama. ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa kita, masa depan negara kitaโ€.

Oleh sebab itu, guna mengamankan Pemilu 2024 maka Polri didukung TNI, Kementrian/Lembaga, instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya.

Menggelar โ€œOperasi Mantap Brata Tahun 2023-2024โ€. Operasi ini dilaksanakan selama selama 222 hari sejak 19 Oktober 2023 sampai dengan 20 Oktober 2024 yang diikuti oleh 261.695 personel di seluruh Indonesia guna mengamankan seluruh tahapan pemilu.

Sementara dalam pengerahan satuan tugas Operasi Mantap Brata Krakatau-2024 Polres Way Kanan terdapat enam Satgas terdiri dari Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Kamseltibcarlantas, Satgas Gakkum, Satgas Humas dan Satgas Banops.

Enam Satgas tersebut terdiri dari fungsi-fungsi Polri dengan kekuatan personel yang mengamankan disesuaikan dengan karakteristik kerawanan daerah serta hakikat ancaman yang dihadapi di wilayah masing-masing

Baca Juga  Hadiri Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 di KPU Way Kanan, Polisi Siapkan Pengamanan Meminimalisir Gangguan Kamtibmas .

Polres Way Kanan juga menyiapkan pola pengamanan TPS (tempat pemungutan suara) sesuai dengan tingkat kerawanan menjadi tiga kategori, yaitu TPS kurang rawan, TPS rawan, dan TPS sangat rawan.

Seperti pada kategori TPS kurang rawan memakai pola 2 : 12 : 24, dimana 2 personel Polri menjaga 12 TPS bersama 24 personel Linmas.

Khusus pola pengamanan TPS kurang rawan dapat menggunakan pola lain menyesuaikan dengan jumlah pers riil yang dimiliki Satwil serta dinamika situasi yang dihadapi.

Lanjut, pada kategori TPS rawan pola yang diterapkan adalah 2 : 2 : 4 dan kategori TPS sangat rawan menggunakan pola 2 : 1 : 2

Bukan hanya itu, personil Polres Way Kanan yang dilibatakan dalam Operasi โ€Mantap Brata Krakatau 2023-2024โ€ sebanyak 338 personel yang siap di mobilisasi kapanpun dan dimanapun ke seluruh wilayah Kabupaten Way Kanan,โ€ Imbuh Kapolres.

๐™€๐™™๐™ž๐™ฉ๐™ค๐™ง : ๐™๐™š๐™ง๐™™๐™ฎ

๐™Ž๐™ช๐™ข๐™—๐™š๐™ง : ๐™ƒ๐™ช๐™ข๐™–๐™จ ๐™‹๐™ค๐™ก๐™ง๐™š๐™จ ๐™’๐™–๐™ฎ๐™ ๐™–๐™ฃ๐™–๐™ฃ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *